Wednesday, July 29, 2009

Data Base Kependudukan Indonesia

Undang-undang dasar Indonesia banyak menyinggung mengenai penduduk, defenisinya juga sudah dijelaskan, namun jangan pernah menanyakan berapa penduduk indonesia saat ini, hasilnya bisa berbeda-beda. Mungkin kita perlu menguji apakah data yang dihasilkan tersebut benar?

Penduduk di Indonesia adalah penduduk dalam RT/RW (unit terkecil), penduduk dalam satu desa, penduduk dalam satu kecamatan, penduduk dalam satu kabupaten, penduduk dalam satu propinsi, penduduk Indonesia (penduduk di luar negeri sudah terdaptar di setiap RT/RW).


Masalahnya adalah Siapa yang membuat database tersebut, apa isinya, bagaimana mengolahnya, bagaimana menampilkannya, bagaimana mengkoordinasikannya, bagaimana pelaporannya, apakah database tersebut sudah memuat kepentingan-kepentingan nasional, bagaimana sistematikanya dan sejumlah pertanyaan lain mungkin layak diajukan untuk membuat model Data base penduduk Indonesia. sehingga diharafkan dengan satu KTP berlaku dimana-mana dan dapat diketahui dimana keberadaan pemegang ktp bila menggunakan di tempat lain. Saya rasa bukan hal yang tidak mustahil dicapai, apabila semua bersungguh-sungguh.

Teroris di Indonesia sangat subur sekali, karena salah satunya adalah KTP bisa didapatkan dimana-mana, tidak punya ktp pun bisa, palsu juga bisa.


Harapan Database yang baik akan mengurangi gerak teroris di Indonesia.

Salam....

No comments: