Tuesday, July 22, 2008

ATURAN LAIN KATA GANTI

ATURAN LAIN KATA GANTI

Untuk menghindari pengulangan pengungkapan yang tidak perlu, kita bisa menggunakan kata ganti, baik untuk orang maupun benda.
Dalam Bahasa Indonesia, orang-orang atau benda yang kita bicarakan dapat kita kelompokkan sebagai berikut :
Saya
• menyatakan diri kita sendiri (satu orang saja)
Kamu/Kalian
• menyatakan lawan bicara kita, bisa sendiri, bisa lebih dari satu orang/benda
Kami/Kita
• menyatakan orang/benda yang lebih dari satu dan ikut bicara, misalnya Saya, Iwan dan kamu (kita), saya, Amir dan Iwan (kami), saya dan anjing saya (kami)
Mereka
• menyatakan orang/benda yang lebih dari satu dan tak ikut bicara, misalnya Amir, Budi dan Laura; buku-buku itu; anjing dan kucing saya
Ia atau Dia
• menyatakan orang atau benda yang sendiri/tunggal Amir, Siti, Ayah saya, Ibu saya, sebuah buku, pendapat saya, dll)
• menyatakan benda yang tak bisa dihitung atau dinyatakan dengan sebuah atau selembar, dsb. seperti air, pasir, gula, dll
Dalam Bahasa Inggris, secara sederhana, pengelompokan itu kita bagi 2 berdasarkan letaknya dalam kalimat.
Apabila letaknya di bagian depan kalimat artinya sebelum kata kerja atau predikat kalimat misalnya ‘SAYA akan membeli mobil baru’, kata ganti tersebut menjadi :
Saya => I I will call you
Kamu/Kalian => You YOU must go now
Kami/Kita => We WE can sell the house
Mereka (orang/benda) => They THEY come here
BEBERAPA ATURAN LAIN KATA GANTI
Ia atau Dia(laki) => He HE should clean the floor
Ia atau Dia(wanita) => She SHE works in Jakarta
Ia (benda) => It IT will be taken today
Apabila letaknya di bagian belakang artinya setelah kata kerja atau predikat kalimat misalnya Ia akan menelpon SAYA, ia menjadi :
Saya => me He will see ME
Kamu/Kalian => you I will tell YOU
Kami/Kita => us They will call US
Mereka (orang/benda) => them She will ask THEM
Ia atau Dia(laki) => him We should invite HIM
Ia atau Dia(wanita) => her The floor was cleaned by HER
Ia (benda) => it I will take IT
Apabila mengandung arti ‘milik’ dan langsung mengikuti kata bendanya, sepeti ‘buku saya, temanmu,’ dll; ia menjadi :
Saya => my my book = buku saya
Kamu/Kalian => your your friend = temanmu
Kami/Kita => our our house = rumah kita
Mereka (orang/benda) => their their problem = problem mereka
Ia atau Dia(laki) => his his car = mobilnya
Ia atau Dia(wanita) => her her job = pekerjaannya
Ia (benda) => its its leg = kakinya
Catatan : Untuk menyatakan buku Amir, kita menggunakan Amir’s book; teman ayah saya = My father’s friend; Mobil guru itu = The teacher’s car
BEBERAPA ATURAN LAIN KATA GANTI
Apabila kata bendanya tidak kita ucapkan, seperti milik saya, milikmu, milik mereka, dll; ia menjadi :
Saya => mine This is MINE = Ini milik saya
Kamu/Kalian => yours That is YOURS = Itu milikmu
Kami/Kita => ours The book is OURS = Buku itu milik kita
Mereka (orang/benda) => theirs That is THEIRS = Itu milik mereka
Ia atau Dia(laki) => his This is HIS = Ini miliknya
Ia atau Dia(wanita) => hers That is HERS = Itu miliknya
Ia (benda) => its The food is ITS = Makanan itu miliknya
Catatan :
• Untuk menyatakan ‘milik Amir’ kita menggunakan Amir’s; ‘milik ayah saya’ = My father’s; ‘ milik guru itu’ = The teacher’s
• Kita bisa menggunakan ‘a friend of mine’ untuk menyatakan seorang teman saya; demikian juga ‘a book of yours’ untuk menyatakan sebuah bukumu.

No comments: